NASA Menemukan Batu Berwarna Pertama di Planet Mars

Robot penjelajah Perseverance milik NASA telah membuat penemuan menarik di Planet Mars! Mereka menemukan batu berwarna di Kawah Jezero, yang merupakan penemuan pertama jenis batu ini setelah bertahun-tahun eksplorasi Mars. Para peneliti sangat excited dengan penemuan ini karena batu tersebut bisa memberikan informasi baru tentang masa lalu Mars.

Batu yang diberi nama “Atoko Point” ini diambil dari fitur Grand Canyon yang berwarna terang. Para ilmuwan mengatakan bahwa batu ini terlihat sangat mencolok di antara batu-batu gelap lainnya di sekitar kawah Gunung Washburn. Mereka berhasil melihat batu ini dalam mosaik 18 gambar yang diambil pada tanggal 27 Mei.

Atoko Point diperkirakan memiliki lebar 45 cm dan tinggi 35 cm. Dengan menggunakan instrumen kamera rover, SuperCam dan Mastcam-Z, para ilmuwan dapat mengonfirmasi bahwa batu ini terbuat dari piroksen dan feldspar. Mereka berspekulasi bahwa batuan pucat ini mungkin telah dibawa ke kawasan tersebut melalui sungai purba atau terbentuk di bawah tanah oleh magma sebelum akhirnya tererosi.

Brad Garczynski dari Western Washington University di Bellingham, yang juga merupakan salah satu pemimpin penelitian ini, mengatakan bahwa keragaman tekstur dan komposisi di Gunung Washburn sangat menarik bagi tim peneliti. Mereka berharap penemuan ini bisa memberikan informasi lebih lanjut tentang geologi Mars.

By admin