Pendiri Kakao Ditangkap karena Manipulasi Saham SM Entertainment

Pendiri Kakao Corp. Kim Beom-su ditangkap pada Selasa (23/7) atas tuduhan manipulasi harga saham. Jaksa menyatakan dugaan manipulasi itu terkait proses pengambilalihan saham SM Entertainment tahun lalu. Pengadilan Distrik Selatan Seoul mengeluarkan surat perintah penangkapan Kim Beom-su setelah menggelar sidang beberapa minggu setelah jaksa menanyakan taipan itu tentang dugaan keterlibatannya dalam manipulasi saham SM Entertainment.

Penangkapan dilakukan setelah pengadilan menyinggung risiko Kim Beom-su melarikan diri dan menghancurkan barang bukti. Kasus ini berpusat pada kecurigaan konglomerat mobile platform-to-entertainment dan para eksekutifnya memanipulasi harga saham SM Entertainment saat perang penawaran yang mereka pada Februari 2023 melawan HYBE, untuk mengambil alih salah satu agensi Big 3.

Saham SM diduga didorong di atas 120.000 won per saham melalui dugaan kecurangan, harga tetap di mana HYBE membeli saham secara publik dari investor. Jaksa mencurigai Kakao membeli saham SM Entertainment senilai 240 miliar won dengan harga di atas harga penawaran tender HYBE sebanyak 553 kali pada Februari 2023 untuk melemahkan tawaran pengambilalihan HYBE atas SM Entertainment.

By admin