Saturnus Lempar Komet dengan Kecepatan 10 Ribu Kmjam

Sebuah penelitian menemukan sebuah komet yang terlempar dari Tata Surya setelah melewati Planet Saturnus dalam jarak dekat. Menurut Space.com, kecepatan komet tersebut mencapai lebih dari 10.800 kilometer per jam saat dilempar keluar dari Tata Surya. Komet ini diberi nama A117uUD dan ditemukan oleh peneliti pada 14 Juni 2024.

Sebelumnya, komet ini memiliki orbit mengelilingi Matahari. Namun, setelah melintas di dekat Saturnus pada tahun 2022, komet ini akhirnya terlempar dari Tata Surya dan mengubah orbitnya selamanya. Tim peneliti menggunakan model untuk memperkirakan kecepatan komet ini saat keluar dari Tata Surya, dan hasilnya mencapai sekitar 10.800 km/jam.

A117uUD adalah komet kedua yang terlempar dari Tata Surya dalam sejarah pengamatan astronomi modern. Sebelumnya, komet pertama yang terlempar adalah C/1980E1(Bowell) setelah pertemuan dengan Jupiter pada Desember 1980. Dalam kesimpulan penelitian yang dipublikasikan di jurnal Research Notes of the AAS, peneliti memperkirakan bahwa peristiwa seperti ini tidak hanya terjadi sekali.

By admin