Microsoft akan Hadirkan Fitur Recall AI untuk Penguji Windows

Microsoft mengumumkan rencana mereka untuk memberikan kesempatan kepada para penguji Windows mencoba fitur Recall AI yang kontroversial pada bulan Oktober. Awalnya, raksasa perangkat lunak ini berencana meluncurkan Recall bersama Copilot Plus PC pada bulan Juni, namun terpaksa menunda karena kekhawatiran keamanan. Pada saat penundaan pada 13 Juni, Microsoft berjanji bahwa fitur yang dapat mengambil tangkapan layar hampir semua yang ada di PC Anda akan segera tersedia untuk Windows Insiders “dalam beberapa minggu mendatang,” tetapi tampaknya butuh waktu lebih lama dari yang diharapkan.

“Dengan komitmen kami untuk memberikan pengalaman Recall yang tepercaya dan aman di Copilot Plus PC bagi pelanggan, kami ingin memberitahu bahwa Recall akan tersedia untuk Windows Insiders mulai Oktober,” kata Pavan Davuluri, kepala Windows dan Surface, dalam sebuah posting blog terbaru. Fitur ini menggunakan model AI lokal yang terpasang di Windows 11 untuk mengambil tangkapan layar dari hampir semua yang dilihat atau dilakukan di komputer, kemudian memberikan pengguna kemampuan untuk mencari dan mengambil item yang pernah dilihat. Pengguna juga dapat menjelajahi garis waktu untuk melihat kembali pekerjaan pada hari tertentu.

Meskipun Microsoft selalu menegaskan bahwa Recall aman, lokal, dan pribadi di perangkat, peneliti keamanan menemukan bahwa database tidak dienkripsi, dan malware berpotensi mengakses fitur Recall. Oleh karena itu, Microsoft sedang melakukan perubahan besar pada Recall, termasuk menjadikan fitur bertenaga AI ini sebagai pengalaman opt-in alih-alih diaktifkan secara default, mengenkripsi database, dan mengautentikasi melalui Windows Hello.

By admin