Nokia Bikin Gebrakan ke Antariksa

Lama tak terdengar kabarnya, Nokia tiba-tiba muncul di Bulan! Perusahaan asal Finlandia ini berkolaborasi dengan Axiom Space untuk menghadirkan teknologi 4G LTE ke dunia antariksa. Pakaian antariksa generasi baru ini akan menjadi bagian dari misi Artemis III NASA yang direncanakan akan diluncurkan ke Bulan pada tahun 2026.

Kolaborasi antara Nokia dan Axiom Space ini akan memberikan astronot konektivitas jaringan selama mereka menjelajahi permukaan Bulan. Dengan mengintegrasikan teknologi 4G ke dalam pakaian antariksa Extravehicular Mobility Unity (AxEMU) milik Axiom Space, para astronot dapat melakukan panggilan video HD secara real-time, berkomunikasi dengan kontrol misi di Bumi, dan bertukar data penting dengan kru lainnya.

Sistem Komunikasi Permukaan Bulan (LSCS) dari Nokia akan menjadi tulang punggung dari jaringan 4G di Bulan. Dengan radio, stasiun pangkalan, dan elemen inti jaringan seluler terestrial yang terintegrasi ke dalam pakaian antariksa, astronot akan memiliki akses yang lancar dan cepat ke jaringan selama misi mereka.

Russell Ralston, EVP extravehicular activity Axiom Space, menyatakan bahwa penambahan kemampuan jaringan 4G/LTE ke Bulan akan menjadi jembatan penting yang menghubungkan astronot dengan Bumi. Hal ini akan memfasilitasi pertukaran data penting dan memungkinkan komunikasi video berkualitas tinggi dalam jarak jauh.

By admin