Apple Rilis iPad Mini Gen 7 Setelah 3 Tahun Absen

Raksasa teknologi Apple telah secara mengejutkan merilis tablet terbarunya, iPad Mini (2024), pada Selasa (15/10/2024). Generasi ketujuh iPad Mini ini akhirnya hadir setelah absen selama tiga tahun. Sebelumnya, model iPad Mini 6 dirilis oleh perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS pada tahun 2021.

iPad Mini 7 membawa sejumlah peningkatan yang sangat menarik, seperti kehadiran chip Apple A17 Pro dan teknologi kecerdasan buatan Apple Intelligence. Chip A17 Pro dengan fabrikasi 3 nm ini memiliki enam inti (hexa-core), dengan dua inti performa dan empat inti hemat daya. GPU yang andal juga dilengkapi dengan enam core. Apple mengklaim bahwa chip ini mampu meningkatkan performa CPU hingga 30 persen dan performa GPU hingga 25 persen dibandingkan dengan chip A15 Bionic yang digunakan pada iPad Mini 2021.

Chip A17 Pro juga dilengkapi dengan fitur ray tracing berbasis hardware, yang empat kali lebih cepat dibandingkan dengan ray-tracing berbasis software. Dengan adanya ray tracing, pengguna dapat menikmati visualisasi refleksi cahaya dan efek sinematik secara real time di dalam game. Tampilan game akan terlihat lebih memukau dengan pantulan cahaya matahari yang tampak lebih nyata.

iPad Mini juga dapat menjalankan game berbujet tinggi dengan visual fantastis (triple-A/AAA) seperti Zenless Zone Zero dari studio Hoyoverse. Perangkat ini juga sudah kompatibel dengan pena digital Apple Pencil Pro, yang membawa sejumlah fitur seperti sensitivitas tekanan, haptic feedback, dan kontrol gestur.

Bob Borchers, Vice President Worldwide Product Marketing Apple, menyatakan, “Dengan chip A17 Pro yang tangguh, konektivitas yang lebih cepat, dan dukungan Apple Pencil Pro, iPad Mini baru hadir dengan pengalaman iPad sepenuhnya dalam desain yang paling portabel dengan nilai yang luar biasa.”

By admin