Kebiasaan Minum Kopi Ini yang Berbahaya untuk Jantungmu

Kopi memang menjadi minuman favorit banyak orang di Indonesia sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Kafein yang terkandung dalam kopi diketahui memiliki manfaat positif, seperti membantu meningkatkan konsentrasi dan mood. Namun, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa konsumsi kafein secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut laporan dari Medical News Today yang dipresentasikan di American College of Cardiology (ACC) Asia 2024 di India, konsumsi kafein dalam jumlah tinggi setidaknya lima hari dalam seminggu selama lebih dari satu tahun dapat meningkatkan risiko terhadap kesehatan jantung, bahkan pada individu yang sebelumnya sehat. Peneliti dari Zydus Medical College and Hospital India, Nency Kagathara MBBS, menyatakan bahwa konsumsi kafein secara rutin dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan detak jantung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dampak konsumsi kafein kronis terhadap kesehatan jantung, terutama dalam hal pemulihan detak jantung dan tekanan darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir 20% peserta penelitian mengonsumsi lebih dari 400 mg kafein setiap hari, yang setara dengan sekitar 4 cangkir kopi, 2 minuman berenergi, atau 10 kaleng soda.

By admin