Bisakah Kedewasaan Ditentukan dari Usia

Kedewasaan sering kali dikaitkan dengan usia. Banyak orang berpikir bahwa semakin tua seseorang, semakin dewasa mereka. Namun, apakah benar kedewasaan seseorang hanya ditentukan oleh usia? Menurut psikolog Vania Susanto, hal itu tergantung dari sudut pandangnya, karena kedewasaan tidak hanya terkait dengan angka. “Jadi bukan hanya tentang seberapa tua seseorang, tapi juga tentang seberapa matangnya pikiran dan perilaku seseorang,” ujarnya.

Menurut teori perkembangan, kedewasaan memang dibedakan berdasarkan usia. Manusia mengalami beberapa tahap perkembangan sesuai dengan usianya, mulai dari anak-anak hingga lansia. Setiap tahap usia memiliki tugas perkembangan yang harus dipenuhi, baik secara fisik, emosional, maupun sosial.

Seorang individu dianggap dewasa jika mampu memenuhi semua tugas perkembangannya. Namun, tidak selalu seseorang yang sudah mencapai usia dewasa sudah benar-benar dewasa dalam hal emosi dan sosial. Karena itu, penting untuk melihat pemenuhan tugas-tugas perkembangan seseorang untuk menilai seberapa dewasa mereka.

By admin