embun beku di puncak gunung berapi

Beberapa fenomena di alam semesta masih menyimpan misteri yang belum terpecahkan oleh para ilmuwan. Ada hal-hal yang membuat mereka bingung karena belum mengetahui penyebab dan dampaknya dengan pasti. Baru-baru ini, para ilmuwan menemukan embun beku pada pagi hari di beberapa gunung besar di planet Mars.

“Kami baru pertama kali menemukan embun beku di puncak gunung berapi dan juga pertama kalinya menemukan embun beku air di wilayah khatulistiwa,” ujar Adomas Valantinas, ilmuwan planet dari Universitas Berna Swiss. Mereka menemukan hal ini menggunakan Trace Gas Orbiter (TGO) milik Badan Antariksa Eropa. Embun beku tersebut terlihat berwarna kebiruan di dasar kaldera dan tidak terlihat di lereng yang cukup terang.

Meskipun lapisan embun beku di Mars sangat tipis, namun menutupi wilayah Tharsis yang sangat luas. Tharsis adalah dataran tinggi vulkanik luas di dekat ekuator planet tersebut, tempat terdapat sekumpulan gunung berapi besar seperti Pavonis Mons dan Olympus Mons. Olympus Mons bahkan memiliki lebar yang jauh lebih luas daripada tingginya, mencakup wilayah seluas Perancis.

By admin