Belanda Melirik IKN Investasi Air Bersih dan Agrikultur Jadi Pilihan Terbaik

Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Lambert Grijns, mengungkapkan keinginannya untuk memperkuat kontribusi dan investasi di berbagai sektor pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Grijns menekankan pentingnya kerja sama dalam pengembangan sistem pengelolaan air di IKN, yang telah didukung dengan bantuan keuangan dari Bank Pembangunan Asia (ADB) untuk manajemen air yang berkelanjutan.

Selain itu, beberapa universitas Belanda juga telah menjalin kerja sama dengan Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN) dalam sektor penelitian dan pendidikan, terutama dalam pembangunan berkelanjutan dan manajemen ekologi di IKN. Grijns juga menyoroti peluang investasi dalam pengembangan sistem pertanian di Nusantara bagi para investor Belanda, dengan tujuan memastikan ketersediaan makanan segar dari sumber lokal bagi warga IKN.

Menurut Dubes Belanda, pembangunan kota baru merupakan langkah yang umum diambil oleh pemerintah negara-negara yang menghadapi masalah kepadatan penduduk, seperti yang terjadi di Indonesia. Ia menyambut baik upaya pemerintah Indonesia dalam memastikan pembangunan merata dengan memindahkan pusat ekonomi ke titik tengah negara melalui pengembangan IKN.

By admin